Mudah, Inilah Cara Root Android

Diposting pada

Root merupakan teknik memodifikasi perangkat berbasis Android supaya penggunanya bisa lebih bebas dan leluasa dalam mengakses semua file, system dan command. Banyak pengguna gadget yang mencari tahu Cara Root Android karena fungsinya tersebut. Dengan adanya proses rooting, maka pengguna dapat melakukan optimalisasi sistem dan meng-explore semua sistem pada perangkat Androidnya.

Cara Root Android

Meskipun demikian, proses rooting harus benar-benar dilakukan oleh orang yang ahli dan memahami proses rooting itu sendiri. Karena jika salah langkah, kerugian yang akan Anda alami adalah hilangnya semua data dan aplikasi yang ada di dalam ponsel. Bahkan yang lebih bahayanya lagi, ponsel Anda bisa menjadi error dikarenakan gagalnya proses rooting.

 

Mudah, Inilah Cara Root Android

Walaupun menawarkan risiko, nyatanya banyak pemilik gadget yang ingin ponselnya di rooting. Apabila mengikuti langkah yang benar dan berhasil, maka ponsel Anda akan lebih optimal fungsinya. Fungsi utama dari rooting adalah pengguna Android dapat mengurangi, menambahkan, atau memodifikasi data atau file yang ada dalam ponsel berbasis Android. Karena seperti yang diketahui sebelum di root, ada beberapa file atau data yang sifatnya locked. Dimana pengguna tidak mempunyai ijin akses untuk mengeksplore data atau file tersebut.

Oleh karena itulah dibutuhkan rooting untuk meng-unlock file sistem yang dikunci pada ponsel. Tak hanya itu, proses rooting juga bisa dimanfaatkan untuk penginstallan ROM custom yang bisa didapat dari pihak ketiga, melakukan back up aplikasi dan sistem serta menjalankan aplikasi yang tidak didukung pada platform Android. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah 3 Cara Root Android sederhana yang bisa dicoba.

1. Menggunakan aplikasi Kingoroot

Cara Root Android

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Kingoroot. Aplikasi rooting ini dapat Anda download di situs-situs penyedia software Android secara gratis. Setelah berhasil mengunduh aplikasi KingoRoot, langkah yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa baterai dalam keadaan penuh atau full charged. Hal ini dilakukan agar ponsel Android tidak akan mati ketika proses rooting tengah berjalan.

Apabila proses root berhenti maka bisa menyebabkan kegagalan sistem sehingga aplikasi dan sistem ponsel Android Anda berpotensi rusak. Selanjutnya, hubungkan ponsel dengan PC menggunakan kabel USB kompatibel. Lalu buka aplikasi KingoRoot dan cari tombol ‘Root’. Cukup dengan menekan tombol tersebut, maka proses rooting akan mulai berproses. Tunggu sampai proses selesai. Kini, ponsel Anda sudah dalam kondisi root.

2. Menggunakan aplikasi RootGenius

Cara Root Android

Cara Root Android menggunakan aplikasi RootGenius yang pertama adalah Anda unduh aplikasi RootGenius. Setelah berhasil diinstal, Anda buka halaman aplikasi RootGenius lalu tekan tombol yang terlihat gambar yang muncul pada layar. Tunggu hingga proses loading selesai. Kemudian akan muncul kotak dialog dengan tulisan “Install/pasang Aplikasi Root. Klik install atau setuju dan tunggu sampai proses selesai. Jika sudah selesai, akan muncul sebuah emoticon dengan gambar jempol pada layar ponsel.

3. Menggunakan Aplikasi Towelroot

Cara Root Android

Cara rooting menggunakan aplikasi Towelroot yang pertama adalah Anda unduh dan install aplikasi Towelroot. Jika sudah, buka aplikasi dan klik opsi “Make it Ra1n” dan tunggu hingga proses loading selesai. Jika sudah selesai, maka kini ponsel Anda sudah dalam keadaan root.

Bagaimana? Cara-cara yang disebutkan di atas sangat mudah dan sederhana bukan? Untuk berjaga-jaga, ada baiknya jika Anda membackup semua data ponsel terlebih dahulu sebelum melakukan rooting. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi kesalahan saat proses root. Demikianlah tulisan terkait dengan Cara Root Androids, semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *